Safari Ramadhan, Walikota beserta Forkopimda Tarawih Keliling ;


Dalam rangka menyemarakan Bulan Suci Ramadhan 1440 H tahun 2019, berbagai kegiatan positif dilakukan Pemerintah Kota Pekalongan, salah satunya kegiatan Safari Ramadhan berupa Tarawih keliling (Tarling). Walikota Pekalongan, Wakil Walikota beserta jajaran Forkopimda Pemerintah Kota Pekalongan mengawali kegiatan tarling tersebut di Masjid Al-Musholin, Jalan Jenderal Sudirman Gg. 7 Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Rabu malam, (8/5/2019).
Kegiatan diawali dengan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah. Dilanjutkan dengan dialog interakif antara Walikota dan para jamaah masjid setempat.
Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz menyampaikan, berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakan bulan Suci Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk menjalin tali silaturahmi kepada masyarakat yang tentunya sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Pekalongan yang lebih Sejahtera, Mandiri, dan Berbudaya sesuai dengan nilai nilai religiusitas.
"Ini kita mulai untuk tarawih keliling pertama antara Walikota, Wakil Walikota beserta jajaran Pemerintah Kota Pekalongan yang kebetulan di Masjid Al Musholin," ucap Saelany.
Diterangkan Saelany, kegiatan-kegiatan positif semacam ini telah dilakukan oleb Pemerintah Kota Pekalongan seperti Sepeda Sehat K3, Ngaji Bareng Walikota, Sholat Shubuh berjamaah hingga tarawih keliling. Ia sangat mengapresiasi luar biasa antusias para jamaah yang mengikuti kegiatan tarling di masjid Al Musholin yang jumlahnya sangat banyak. Hal tersebut sebagai salah satu contoh bahwa Kota Pekalongan merupakan kota religius.
"Saya apresiasi luar biasa ternyata jamaahnya cukup besar dan ini sebagai salah satu contoh bahwa kita bisa mengukuhkan Kota Pekalongan adalah kota religius. Beberapa harapan dari mereka walaupun tidak tertuang dalam dialog tersebut lewat bisik-bisik bagaimana untuk Pemerintah Kota Pekalongan bisa membantu. Saya kira tidak masalah, yang penting ghirah atau syiarnya luar biasa," terang Saelany.
Dalam kegiatan tarling tadi malam, Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz didampingi Wakil Walikota, Afzan Arslan Djunaid juga memberikan bantuan 6 buah karpet secara simbolis diserah kepada pengurus masjid Al-Musholin.
Selanjutnya, dalam dialog interaktif, Saelany memaparkan meski beberapa kendala yang ada di Kota Pekalongan seperti banjir rob dan kebakaran pasar banjarsari pasca, namun pertumbuhan perekonomian dengan adanya interchange di Kota Pekalongan semakin meningkat, dan angka kemiskinan juga turun.
Lebih lanjut, Saelany menjelaskan, ditahun 2019 ini Kelurahan Podosugih mendapat anggaran pembangunan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan sebesar 845 juta.
"Kelurahan Podosugih ini akan Pemkot bantu anggaran untuk pembangunan yang kami titipkan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) nilanya sebesar Rp845.000.000," pungkas Saelany.